-----
DEMATICA is a blog that provides interesting articles, tips and tricks, music, lifestyle, etc.
-----

Sunday, February 12, 2012

Cara Mengatasi Jika Mata Terkena Air Accu / Basa / Pedas

Berdasarkan pengalaman ane mau sharing aja nih gan seputar "Cara Mengatasi Jika Mata Terkena Air Accu / Basa / Pedas". Karena ane punya pengalaman banyak dengan cairan-cairan yang ngga biasa masuk kemata gan dari air accu, sabun pel, deterjen, cabe, dll, dan itu rasanya NGGAA WEEENAAKKK BANGGET GAN SAKIT ABISSS PERIH DI MATA SAKIT DI HATI (maklum gan ane baru putus cinta..hehe).
Waktu itu langkah pertama ane basuh mata pake air trus ngga mempan, trus ane cari tau langsung deh karena ngga mempan search di mbah google. Karena penjelasan dari artikel-artikel pun ngga mempan ane coba pake cara sendiri dan tarraaaa... mata ane pulih gan Allhamdullilah :)

--- "INGAT JANGAN PANIK GAN" ---
Langsung aja nih gan tipsnya :
  1. Kalo mata terkena cairan tersebut cepet-cepet ceburin muka ente ke bak mandi gan sambil di melekin dan di geleng-gelengin biar arus aer mengenai seluruh permukaan mata.
  2. Terus suruh orang rumah masak air hangat gan klo udah terus ceburin lagi ceburin muka ente ke bak mandi gan sambil di melekin dan di geleng-gelengin biar arus aer mengenai seluruh permukaan mata, karena air hangat bagus gan buat menghilangkan kerak / bekas cairan berbahaya yang menempel dimata (kira2 15menit gan)
  3. Setelah 15 menit dibak angkat dan langsung kasih salep mata gan (inget salep mata gan bukan obat tetes mata klo ngga ada ngga apa-apa untuk sementara pake tetes mata tapi cepet kasih salep mata abis itu)
  4. Setelah dikasih salep mata, ente goyang-goyangin mata ente puter-puter aja gan biar salepnya meresap sampai kedalam
  5. Pakailah salep serutin mungkin gan sampai iritasinya hilang :)
  6. Bila iritasi berlanjut sampai 3 hari hubungi dokter gan / konsultasi
NB: INGAT JANGAN DI KUCEK

=== Selamat Mencoba :) ===

8 comments:

  1. Makasih gan
    cocok ni buat pacar ane yg matanya lagi iritasi

    ReplyDelete
  2. wah... kelamaan itu gan. gimana kalo jadinya ketika kita makan direstoran, ato dirumah orang repot. saya punyu cara ampuh cara mengatasi mata kena cabe... cuman hitungan 123 sudah beres.... kalo mau nanti saya kasi tipsnya

    ReplyDelete
  3. gan, ane baru kejadian nih gan. kl boleh tau, salep mata yg agan biasa pake apa ya gan? bisa dibeli di apotek umum ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Erlamycetin, biasanya ada diapotik dan tanpa resep dokter kok

      Delete
  4. Tolong ! . Mata Saya habis kena cairan pembersih keramik porcelen ( wpc ) sya sudah periksa dan dikasih obat tetes mata . Kiranya apa yg harus sya lakukan sekarang ini . Besok saya mau ujian nasional menggunakan komputer . Dan saya juga mau tau siapa yg mengalami kasus seperti saya ??? 😢😢😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake salep mata aja lebih baik, tadi habis terkena porcelen tersebut langsung direndam air hangat dan dikedip2kan matanya didalam air seperti yang telah dijelaskan, setelah itu langsung di kasih salep, klo saya pakai salep mata erlamycetin, semoga membantu

      Delete